PROPOSAL APLIKASI TESTING DAN PENJUALAN MAKEUP ONLINE BERBASIS ANDROID

PROPOSAL

APLIKASI TESTING DAN PENJUALAN MAKEUP ONLINE BERBASIS ANDROID

logo

 

4KA17

Nama Kelompok :

Dila Oktris Junda (12112108)

Izatul Putri Sonya(13112885)

Rianita Rahma Annisa(16112265)

Safara El Batama(16112774)

Vania Fajrika(17112547)

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

2015/2016

 

 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

Jalan Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok

Website: http://www.gunadarma.ac.id email:gunadarma@yahoo.com

Tlp : 021-79888111. ext 101

 

 

 

Depok, 10 November 2015

Hal : Proposal

Kepada Yth,

Bapak / Ibu Pimpinan PT. Makeup Forever

Di tempat.

 

Dengan Hormat,

Puji dan syukur kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.Karena lindungan dan hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada PT. Makeup Forever yang telah memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses pengembangan sebuah sistem informasi yang ada di PT. Makeup Forever. Makeup Forever adalah sebuah perusahaan bidang kosmetikyang bekerja sama dengan banyak merk kosmetik lain, sehingga memiliki banyak customer dan berbagai macam produksi. Untuk pengembangan pelayanan customer yang lebih baik, terintegrasi, cepat dan menarik banyak customer, diperlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan customer dalam membeli produk dari PT. Makeup Forever tanpa harus datang ke store Makeup Forever. Sistem ini akan memudahkan PT. Makeup Forever dalam penjualan secara online, dan promosi produksi yang dipasarkan bisa menjadi lebih luas, efisien dan tepat sasaran.

Dengan perkembangan sistem yang ada saat ini di PT. Makeup Forever terutama pada bagian promosi dan pemasaran, maka kami akan mengembangan sebuah sistem aplikasi untuk testing dan penjualan makeup online berbasis android.

Demikian proyek pengembangan sistem informasi yang kami tawarkan, jika bapak atau ibu berminat dengan proposal penawaran kami, kami menunggu kabar dari bapak atau ibu melalui email atau telpon yang sudah tertera hingga 15 hari setelah hari ini. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

 

 

Universitas Gunadarma.

 

 

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

  • Latar Belakang

Saat ini perkembangan aplikasi sangat marak dikalangan masyarakat.Sistem operasi yang digunakan pun sangat beragam, seperti android, ios, windows phone dan lain-lain.Namun android merupakan sistem operasi yang tak kalah canggihnya dengan yang lainnya.Karena sifatnya yang open source, sistem operasi tersebut mudah dikembangkan oleh siapapun.Hal itu terbukti dengan banyaknya aplikasi berbasis android yang bermunculan, seperti aplikasi kuliner, aplikasi jual beli online dan lain-lain.

Dengan perkembangan teknologi tersebut, kita bisa mengaplikasikan banyak hal disekitar kita pada gadget, salah satunya kosmetik. Banyaknya kosmetik yang beredar membuat para wanita khususnya remaja menjadi bingung dalam memilih warna dan merek untuk make up yang mereka pakai. Seiring perkembangan zaman, banyak orang-orang yang sudah beralih dari belanja secara langsung menjadi belanja secara online.Karena belanja online menggunakan gadget sangat praktis dan bisa digunakan kapan saja. Berdasarkan hal tersebut akan dibuat Aplikasi Testing dan Penjualan Make Up Online Berbasis Android.

 

  • Batasan Masalah

Disini kami akan membahas tentang apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi tersebut, termasuk rencana kerja serta biaya-biaya yang diperlukan.

 

  • Tujuan

Aplikasi ini dibuat untuk penjualan produk kosmetik Makeup Forever secara online, dan costumer bisa langsung mencoba warna-warna kosmetik yang diinginkan pada wajah dengan fitur camera.Apikasi ini juga dibuat untuk memperluas pemasaran produk PT. Makeup Forever secara online.

 

BAB 2

PERENCANAAN

 

2.1       Data Perusahaan

Nama Perusahaan        : PT. Makeup Forever

Alamat Perusahaan     : Jl. Kemanggi No.1C, Jakarta Selatan

Bidang Perusahaan     : Bidang Kosmetik

 

2.2       Ruang Lingkup Proyek Sistem

Proyek sistem aplikasi PT. Makeup Forever yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan, yaitu sebagai berikut:

  1. Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan contoh-contoh produk, pemesanan, pembayaran, dan pelaporan costumer.
  2. Mendesain sebuah sistem yang menunjang kemampuan dari sistem saat ini.
  3. Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem informasi penjualan dan testingsecara online.
  4. Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini sampai dengan penerapan sistem ini dapat memuaskan.

 

2.3       Modul Pengembang

  1. Modul barang dan produksi yang dapat dipesan.
  2. Modul harga dari masing-masing produk.
  3. Modul pemesanan secara online.
  4. Modul testing

 

2.4       Keuntungan Pengembangan Sistem

Manfaat yang bisa didapat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pelayanan kepada costumer PT. Makeup Forever
  2. Memudahkan pelanggan dalam memesan produk atau order
  3. Memudahkan dalam promosi produkPT. Makeup Forever
  4. Memperluas wilayah usaha
  5. Meningkatkan laba keuangan pada PT. Makeup Forever

 

2.5       Data TIM dan CV

            Project Manajer          : Vania Fajrika (CV Terlampir)

            Desainer                      : Safara El Batama (CV Terlampir)

            Programmer 1                        : Dila Oktris Junda (CV Terlampir)

            Programmer 2                        : Rianita Rahma Annisa (CV Terlampir)

            Database Adm                        : Izatul Putri Sonya (CV Terlampir)

 

2.6       Waktu Rencana Kerja

Untuk mengerjakan sistem ini diperlukan waktu selama kurang lebih 3 bulan atau 12 minggu. Dimana rincian jadwal kerja proses pembuatannya dapat dilihat pada table estimasi kerja berikut:

Proses/Task Desember Januari Februari
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
Analisis Kebutuhan                        
Desain Tampilan                        
Perancangan Database                        
Pembuatan Program                        
Uji coba dan Instalasi                        
Pelatihan                        
Pemeliharaan                        
Dokumentasi                        

2.7       Rancangan Biaya Sistem Informasi

                     Proses pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP sebesar 30% dari harga yang sudah dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP selesai maka, tim pengembang akan mengerjakan aplikasi untuk PT. Make Up Forever berbasis android. Setelah aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian tim pengembang akan langsung melakukan pengistalan aplikasi.

 

Adapun rincian biayanya sebagai berikut:

  1. Biaya persiapan
Tipe requitment Spesifikasi Harga satuan (Rp)
 

Software

Eclipse

 

My SQL server

 

Rp. 2.000.000

 

Rp. 200.000/ bulan

 

 

Hardware

1 unit komputer (PC)

 

1 Handphone Android

 

1 Modem

 

1 printer

Rp. 10.000.000

 

Rp. 3.000.000

 

Rp. 300.000

 

Rp 1.500.000

Jumlah Rp. 16.500.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Biaya Pengerjaan
No. Perincian Biaya (Rp)
1 Analisis Kebutuhan Rp. 800.000
2 Desaign Fungsi Rp. 1.000.000
3 Pemograman Rp. 6.500.000
4 Pengujian Rp. 350.000
5 Instalisasi Rp. 250.000
6 Pelatihan Rp. 300.000
7 Pemeliharaan Rp. 500.000
8 Dokumentasi Rp. 300.000
9 Transportasi Rp. 200.000
Jumlah Rp. 10.700.000

 

  1. Biaya keseluruhan

Biaya keseluruhan = Biaya Persiapan – Biaya Pengerjaan

=Rp. 16.500.000 – Rp. 10.700.000

=Rp. 5.800.000

 

2.8       Metodologi

Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem Informasi berbasis Android untuk PT. Makeup Forever , akan ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Analisis Kebutuhan

Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi penjualan berbasis android. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.

  1. Pemograman

Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.

  1. Pengujjian

Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.

  1. Instalasi

Mengganti dan menempatkan sistem atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.

  1. Pelatihan

Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau eksekutif dari PT. Makeup Forever yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat.Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.

  1. Pemeliharaan

Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.

  1. Dokumentasi

Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen.Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya. Deliverablless Aplikasiakan kami antarkan kepada PT. Makeup Forever secara langsung setelah terjadinya pelunasan pembayaran dan waktu penginstalan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara user dengan tim pengembang. Jaminan Purna Jual Jika terjadi kerusakan terhadap aplikasi yang kami buat setelah melakukan proses pembayaran, seperti sistem error atau aplikasi hiang, maka kami akan memberikan garansi perbaikan software selama batas waktu 1 tahun. Apabila dalam 1 tahun tidak ada laporan kerusakan dengan begitu garansi sudah tidak berlaku lagi.

 

2.9       Deliverablless

Aplikasi akan kami antarkan kepada PT. Makeup Forever secara langsung setelah terjadinya pelunasan pembayaran dan waktu penginstalan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara user dengan tim pengembang.

 

2.10     Jaminan Purna Jual

Jika terjadi kerusakan terhadap aplikasi yang kami buat setelah melakukan proses pembayaran, seperti sistem eror atau aplikasi hilang, maka kami akan memberikan garansi perbaikan software selama batas waktu 1 tahun. Apabila dalam 1 tahun tidak ada laporan kerusakan dengan begitu garansi sudah tidak berlaku lagi.

 

2.11     Kelayakan Hukum

Secara hukum, seluruh perangkat baik software maupun hardware termasuk prosedur-prosedur yang akan digunakan tidak menyalahi ketentuan yang berlaku di negara Indonesia serta ketentuan perusahaan.

 

2.12     Alternatif

Software untuk membuat aplikasi android :

Framework :

  1. Eclipse( Rp. 2. 000. 000 )
  2. Unity (Open Source)
  3. Intel SDK ( Open Source )

Pilihan Kami :Eclipse

Karena, Eclipse mempunyai banyak fitur dan lebih mudah untuk digunakan.

 

Database :

  1. Oracle (Rp. 5. 000. 000)
  2. MYSQL ( Open Source)
  3. Ms. Acces (Rp. 1. 000. 000)

Pilihan Kami : MYSQL

Karena software yang digunakan open source

Design :

  1. Macromedia Flash (Rp. 1. 150.000)
  2. Photoshop (Rp. 1. 500. 000)
  3. Coreldraw (Rp. 500. 000)

Pilihan Kami : Macromedia Flash

Karena Fitur lebih lengkap dan mudah digunakan

 

2.13     Istilah dan Terminologi

  1. Aplikasi : adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
  2. Browser: adalah program aplikasi yang menterjemahkan kode dan merepresentasikan halaman aplikasi.
  3. Coding (Penanda) : merupakan unsur yang penting dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Coding yang akan dikupas dalam sajian artikel saat yang menyangkut tentang penelitian kuantiataif.
  4. Content : diagram menjelaskan proses pembangunan dan memberikan contoh bagaimana model memungkinkan untuk membuat representasi diakses beberapa grafis khas akan Anda temukan dalam buku teks ilmu pengetahuan. .
  5. 5. Database enginnering :adalah sebuah struktur data yang berisi informasi penting tentang analisis, desain, kode dan testing.
  6. 6. Graphic & software enginner :grafik ilmu yang mempelajari tehnik pembuatan software yang baik dengan pendekatan tehnik (Engineering ap­proach)
  7. 7. Hardware : hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
  8. 8. My SQL MySQL :adalah singkatan “My Structured Query Language”. Program ini berjalan sebagai server menyediakan multi-user mengakses ke sejumlah database.
  9. 9. Online sambung jaringan : adalah keadaan saat sesuatu terhubung ke dalam suatu jaringan atau sistem (umumya internet atau ethernet).
  10. 10. Project manager :adalah seorang profesional di bidang manajemen proyek. Manajer proyek dapat memiliki tanggung jawab pelaksanaan, perencanaan dan penutupan proyek, biasanya berkaitan dengan industri konstruksi, arsitektur, Aerospace dan Pertahanan, jaringan komputer, telekomunikasi atau pengembangan perangkat lunak.
  11. 11. Sistem analisis :adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
  12. 12. Requitment :suatu proses pencarian dan pengikatan para calon karyawan atau pelamar calon karyawan yang mampu untuk melamar sebagai karyawan proses ini di mulai ketika para pelamar di cari dan berakhir bila lamaran atau aplikasi mereka di serahkan dan hasilnya setelah para calon karyawan di seleksi.
  13. 13. Sistem :sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
  14. 14. Software :adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB 3

PENUTUP

 

Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk mengembakan sistem aplikasi testing dan penjualan online pada PT. Makeup Forever secara efektif dan efisien. Kami sangat mengharapkan paket layanan yang kami tawarkan ini bisa bermanfaat secara optimal sesuai dengan harapan bersama.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s