MELAMAR PEKERJAAN SECARA ONLINE, ADA ETIKANYA

Nama : Safara El Batama

NPM   : 16112774

Kelas  : 3KA17

Melamar pekerjaan secara online sekarang ini sudah sangat banyak dilakukan oleh masyarakat, dan melamar pekerjaan secara online ini dapat dilakukan secara langsung baik melalui alamat email resmi perusahaan dengan mengirim CV melalui email tersebut dan melalui portal job yang saat ini telah banyak tersedia dimana anda tinggal melamar pekerjaan yang tersedia. Ada beberapa etika penulisan yang yang perlu diperhatikan pada saat melamar kerja secara online, yaitu: data tentang diri anda, surat lamaran, dan dokumen penunjang lainnya. Dengan demikian diperlukan beberapa persiapan untuk melamar pekerjaan dengan baik diantaranya:

  1. Lengkapi identitas diri

Dengan mengisi atau melengkapi identitas diri secara lengkap sangatlah penting untuk persyaratan melamar pekerjaan. Mencantumkan foto resmi, karena dengan mengisi atau melengkapi identitas diri secara baik dan benar, perusahaan akan mengetahui siapa diri anda dan layak atau tidaknya anda diterima di perusahaan tersebut.

  1. Surat Lamaran

Untuk surat lamaran pekerjaan, anda bisa membuatnya di Microsoft Word. Perlu anda perhatikan pemilihan kata yang tepat dalam surat lamaran yang anda buat. Harus jelas dan tidak bertele-tele. Perlu anda perhatikan tampilan, berupa ukuran kertas, warna, ukuran tulisan.

  1. CV (Curiculum Vitae)

CV (Curiculum Vitae) merupakan sebuah daftar riwayat hidup anda, CV menjelaskan diri anda, mengenai karakter, pengalaman diri, serta tujuan anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Kirimkan berkas-berkas file

Kirimkan berkas-berkas file anda dengan format doc atau .rtf. Terlebih dahulu anda cek kembali semua kelengkapan berkas yang dibutuhkan mulai dari CV, hingga foto. Beri nama file sesuai dengan nama anda. Lampirkan sertifikat jika ada dan anda punyai. Jika terpaksa mengirimkan gambar dalam jumlah banyak, satukan dalam format .zip dan beri nama yang jelas pada file. Selain berkas-berkas yang sudah lengkap, jangan lupa beri surat pengantar berisi uraian singkat mengapa anda ingin bekerja di perusahaan tersebut. Ungkapkan surat pengantar ini seperlunya serta jangan berlebihan, tidak perlu memasukkan informasi-informasi yang tidak relevan dalam Melamar kerja online.

Setelah anda sudah membuat surat lamaran pekerjaan secara online, anda bisa langsung mengirimkan melalui email perusahaan yang anda tuju dengan aturan yang ada. Harus perhatikan etika melamar pekerjaan secara online ini.

Sekian tulisan ini saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin melamar pekerjaan secara online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s