Tempat wisata di England

Englandddddd!!!! aaakkkkk!!!! tiba-tiba langsung histeris banget wajtu dengar negara ini. London,england tempat yang pengen banget saya kunjungi dan kalau bisa sih tinggal disana hehee.. British ya british boy oh my god!! pastinya saya langsung speechless kalau udah sampai kesana apalagi ngeliat british boy hahaha. England itu indah banget dan negara impian saya untuk melanjutkan study kesana pastinya. Aminnnn hehee dan kalau sudah kesana saya ingin sekali mengunjungi tempat-tempat wisata terkenal disana:

1. Menikmati Pemandangan Sungai Thames London

Thames merupakan sungai yang mengawali sejarah berdirinya London, ibukota Inggris. London dibangun oleh Kerajaan Romawi di abad 43 dengan nama Londonium. Nah, Sungai Thames berperan sangat penting dalam penyediaan protein ikan bagi penduduk sekitar selain juga mensuplai air minum, pengairan lahan pertanian dan transportasi.

Thames River mengalir sejauh 346 km melalui selatan Inggris dan merupakan sungai terpanjang di negara ini. Beberapa kota yang dilalui oleh Themes adalah Oxford, Reading, Henley-on-Themes, Windsor, Kingston Upon Thems dan Richmon.

Kini, Sungai Thames menjadi daerah tujuan wisata. Luangkan waktu Anda untuk melakukan tur mengarungi sungai dengan kapal. Untuk itu pengunjung harus merogoh kocek sekitar 15 Euro untuk sekali perjalanan. Tur ini akan membawa para turis melintasi beberapa ikon pariwisata terkenal di London. Misalnya, Gedung Parlemen Kerajaan Inggris, jembatan London, London Eye, menara London dan Gereja Katedral St. Paul. Tidak hanya itu, kita juga akan melewati Billingsgate yang merupakan pasar ikan terbesar Inggris tempo dulu.

Banyaknya landmark London yang bisa kita lihat saat mengikuti tur ini membuat aktivitas menyusuri Sungai Thames merupakan salah satu cara terbaik untuk melihat kemegahan kota ini. Kapal pesiar dengan dek terbuka itu membuat kita bisa menikmati pemandangan dengan leluasa. Kapal-kapal ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 waktu setempat.

Bagi Anda yang berminat, dermaga yang akan mengangkut para pengunjung mengarungi Sungai Themes ada di Dermaga Wharf Butler. Lokasi tersebut bisa Anda jangkau dengan berjalan kaki, menumpang kendaraan umum atau menyewa mobil. Bus yang melewati titik ini adalah jalur Gainsford street sampai Discovery Planet. Sedangkan jika menyewa kendaraan Anda dapat melewati rute yang sama.

Pilihan aktivitas selain menyusuri Sungai Thames dengan menggunakan kapal pesiar adalah dengan bersantai di kafe dan restoran. Tempat kongkow yang berderet di tepian sungai ini memberikan kesan romantis bagi setiap pengunjung. Dengan menikmati kudapan ringan ataupun makanan berat, Anda bisa menikmati keindahan sungai legendaris itu. Salah satu spotyang paling banyak dikunjungi turis adalah Kafe Museum. Selain menawarkan kelezatan kuliner, kafe ini juga menjual berbagai suvenir khas London seperti mainan, perhiasan dan buku. Anda bisa sekaligus membeli oleh-oleh untuk saudara di tanah air.

Destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah The Eye of London, Menara Jam Big Ben dan Tower Bridge London.
peta lokasi sungai Thames London. 
View Larger Map

2. Melihat Keindahan Kota Dari London Eye

Anda pasti akan berdecak kagum jika menaiki wahana ini. Ya, The London Eye adalah wahana tertinggi di London, Inggris. Bentuknya menyerupai kincir angin raksasa dengan ketinggian 135 meter dan diameter roda 120 meter.

The London Eye terletak di tepian Sungai Thames, tepatnya berada di samping Gedung Parlemen dan menara jam Big Ben yang legendaris. Dirancang oleh arsitek David Marks dan Julian Barfield, kincir raksasa itu terdiri dari 32 buah kapsul. Ia akan berputar dengan kecepatan 0,26 meter per detik. Jika menaikinya, Anda akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk satu kali putaran. Dengan waktu yang cukup lama ini, kita bisa menikmati pemandangan kota London sepuasnya.

Wahana yang menjadi kincir raksasa tertinggi se-Eropa itu tidak hanya menarik turis mancanegara tetapi juga warga lokal. Lokasi The London Eye yang sangat strategis membuat destinasi ini banyak dikunjungi para pelancong. Saat memasuki area permainan dan datang ke tempat penjualan tiket, maka mata pengunjung akan melihat landmarkLondon yang terkenal yakni Gedung Parlemen dan Big Ben. Ada banyak loket yang melayani para pengunjung. Kendati penuh sesak dan selalu dipadati wisatawan namun kita hanya perlu menunggu 10 menit untuk mendapatkan tiket seharga £ 9,5  per orang.

Nah, bagi pengunjung yang ingin menikmati The London Eye bersama pasangan, pilihlah Cupid Capsule dengan membayar tiket sebesar £ 325. Disini Anda akan diberi sampanye dan jus jeruk oleh pengelola. Jika kita ingin naik kincir raksasa bersama keluarga, pesanlah paket Private Capsule yang mampu menampung 20 hingga 25 orang sekaligus. Harga paket ini sebesar £ 411,25. Bagi yang berkantong tipis, Anda bisa mendapatkan harga tiket The London Eye lebih murah jika berkunjung ke wahana ini pada saat off season yakni pada bulan Agustus.

Oya, kita tidak boleh membawa makanan dan minuman saat menikmati pemandangan dari kapsul The London Eye. Bahkan, seandainya diperbolehkan untuk membawa kudapan, kita mungkin tidak akan sempat untuk menyantapnya karena panorama kota metropolitan ini sangat indah dan membuat takjub. Semakin lengkap keceriaan Anda di wahana ini jika sebelumnya kita membeli buku petunjuk berisi bangunan bisa kita lihat selama kincir ini berputar. Dengan begitu, kita bisa mengetahui ikon kota apa sajakah yang terlihat dari ketinggian The London Eye. Kita, misalnya, dapat melihat Stasiun Waterloo di sisi timur. Waterloo merupakan rumah bagi kereta Eurostar yang bisa mengantar ke Paris dan kota-kota lain di Eropa. Di sisi barat, Anda akan melihat Istana Buckingham dan Katedral Wesminster dari kejauhan. Diantara gedung-gedung ini juga terdapat Trafalgar Square yang juga menjadi destinasi wisata para turis.

Di sisi utara utara akan terlihat Royal Opera House, Alexandra Palace dan British Museum. Sedangkan pada bagian selatan tampak Westminster Brigde, Big Ben, Wesminster Abbey, House of Common dan beberapa banguna penting lainnya.

Untuk menuju The London Eye Anda bisa menggunakan bus nomor 211, 24 dan 11 yang melalui South Bank dan kawasan Waterloo. Selain bus, kita pun bisa menumpang kereta tujuan Stasiun Waterloo. Sesampainya di stasiun, Anda bisa melanjutkan dengan berjalan kaki selama 10 menit. Bagi yang menggunakan mobil, parkirlah kendaraan Anda di South Bank Centre yang dapat diakses jika Anda datang dari arah Belvedere Road, Hungerford Road, The Hayward Gallery dan York Road.

Disini Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata yang letaknya berdekatan. Nah, ini dia tempat yang terdekat dengan The London Eye. yang pertama yaitu Sungai Thames yang berada tepat di sampingnya.

Selama berlibur di London Anda bisa menginap di Mercure London Bloomsbury HotelThe Langham London Hotel dan Beauchamp Town House Hotel.

Peta lokasi The London Eye

3. Mengagumi Kemegahan Big Ben yang Menjulang

Big Ben sudah menjadi ikon kota London sejak lama. Menara jam ini berada di ujung utara Istana Westminster di London yang merupakan menara jam tertinggi ketiga di dunia. Jika ke London, jangan lewatkan kesempatan melihat jam yang mulai berdetak tanggal 31 Mei tahun 1859 ini. Anda akan terpesona dengan pemandangan menara setinggi 96,3 meter itu. Tempat ini semakin indah di malam hari karena sinar lampu kuning keemasan dari Istana Westminster.

Menara jam Big Ben terletak di Gedung Parlemen di Westminser, London, Inggris Raya. Ia merupakan menara jam terbesar kedua di dunia setelah Royal Clock Tower di Mekkah. Nah, tahukah Anda mengapa menara ini dinamai Big Ben? ‘Big Ben’ sebenarnya adalah nama untuk lonceng besar yang ada di dalam menara jam yang beratnya lebih dari 13 ton. Oya, menara ini juga dinamai The Tower of Big Ben atau Menara Santo Stephen.

Hal yang menarik dari Big Ben adalah ketepatan waktu yang sangat bisa dihandalkan. Jam ini nyaris tidak pernah berhenti. Bahkan saat ada bom yang menghancurkan ruang Commons pada Perang Dunia II, Big Ben terus berdetak. Lonceng Big Ben pertama kali disiarkan oleh BBC pada tanggal 31 Desember tahun 1923. Tradisi itu berlanjut hingga sekarang. Pada Juni 2012, House of Commons mengumumkan bahwa menara jam tersebut harus berganti nama menjadi Menara Elizabeth (Elizabeth Tower) untuk menghormati Ratu Elizabeth.

Tidak saja unik karena menjadi landmarkkota, Big Ben juga menjadi perbincangan karena kondisi tanah di tempat ia berdiri tidak stabil. Itu sebabnya Menara Big Ben sedikit miring ke barat laut sejauh 220 milimeter. Setiap tahun Big ben mengalami pergerakan tersebut dikarenakan efek thermal.

Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus dan kereta listrik. Rute kereta listrik yang dapat kita naiki adalah Monroe St. melalui Fred George menuju Capital Sircle SW. Bisa juga memilih rute Monroe St dari Fred George menuju Paul Russell Roads. Sedangkan bus yang bisa Anda tumpangi adalah nomor 11.

Selain melihat dari dekat Menara Big Ben, Anda juga sekaligus bisa mengunjungiSungai ThamesThe London Eye, Gedung Parlemen dan Tower Brigde.

4.Eksotisme Tower Bridge London

Anda akan terpukau dengan kemegahan jembatan ini. Tower Bridge yang membentang di atas Sungai Thames selalu memberikan kesan yang mendalam bagi siapapun. Landmark yang menghubungkan kota London dan Shouthwark itu merupakan jembatan terindah di London.

Tower Brigde berada dekat Tower of London. Di sisi utaranya merupakan daerah Tower Hill sedangkan selatannya adalah kawasan menuju Bermondsey, Robbie di Southwark. Jika ada kapal besar melewati perairan ini, maka bagian bawah jembatan akan terangkat untuk memberikan akses kepada kapal tersebut.

Tower Bridge dibangun pada tahun 1886 dengan lima kontraktor besar seperti Sir John Jackson, Baron Armstrong, William Webster, Sir H.H. Bartlett, and Sir William Arrol & Co. Pembangunannya butuh waktu delapan tahun dan melibatkan 432 pekerja konstruksi. Dua menara yang berdiri tegak dengan 70 ton beton menjulang di tengah Sungai Thames menambah eksotisme Tower Bridge.

Panjang jembatan ini sekitar 244 meter dengan dua menara yang tinggi masing-masing 65 meter. Jika ingin berjalan menyeberangi Sungai Thames dengan berjalan kaki, Anda tidak perlu khawatir di sisi kanan dan kiri jembatan terdapat pedestrian yang cukup lebar. Anda akan lebih puas menikmati pemandangan dengan berjalan kaki menyusuri jembatan Tower Bridge dan tepianSungai Thames.

Jika enggan berjalan kaki tidak perlu khawatir Anda dapat menikmati Tower Bridge dengan menggunakan transportasi umum seperti bus dua tingkat dengan atap terbuka (double decker bus). Dari atas bus Anda dapat menikmati pemandangan dengan leluasa dan tidak perlu khawatir kelelahan. Anda juga dapat menggunakan bus nomor 11 dengan rute Tower Bridge Road.

Oya, beberapa wisatawan lebih memilih untuk melihat Tower Bridge pada sore dan malam hari. Pada waktu – waktu itu suasana sangat ramai karena banyaknya wisatawan yang ingin menikmati suasana matahari terbenam dengan latar jembatan ini.

Selain Tower Bridge, Anda juga dapat mengunjungi tempat lainnya seperti Tower of LondonCity Hall LondonSungai Thames yang letaknya saling berdekatan.

Masih banyak lagi sih sebenarnya tempat-tempat wisata di England.. hehe

refrensi: wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/07/23/destinasi-wisata-inggris-yang-mengagumkan-579069.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s