Cara membuat Red Velvet Cupcakes

Resep Cara Membuat Red Velvet Cupcakes, Red Velvet Cupcakes adalah kue red velved yang dibuat menjadi mini cupcakes tanpa mengubah bahan red velved asli. Selain Red Velvet Cake dan Rainbow Cake, ternyata banyak juga yang suka dengan Red Velvet Cupcake. Dan tiga kue ini memang sedang booming dan menjadi incaran banyak orang saat ini. Kenapa ya dinamakan dengan Red Velvet Cupcake? Gini nih sobat onliner’s, karena Red Velvet Cupcake ini berwarna merah bludru, dan warna merahnya sangat cantik makanya dinamakan Red Velvet Cupcake . Warna merah ini dihasilkan dari juas buah Beet “Bit”. Anyway, Apa sih bedanya Red Velvet Cake dengan  Red Velvet Cupcake ? mungkin karena kalo cupcakes itu terkesan lebih mini dan simple kali ya, makanya banyak juga sebagian orang yang lebih memilih cupcake ini. Tapi kalau sobat onliner’s ada yang penasaran dengan  Red Velvet Cake , jangan khawatir karena Tempat Online Ku sudah pernah membahasnya. Jadi jangan lupa dicoba juga ya. Untuk kali ini, resep yang akan saya tulis tidak akan menggunakan jus buah bit, tapi hanya akan menggunakan pewarna kue dan makanan merah tua. gak apa-apa ya, toh hasilnya sama saja kok. Tapi kalau sobat onliner’s ada yang ingin menggunakan jus buah bit, bisa juga lho, resepnya hampir sama dengan resep  Red Velvet Cake  yang sebelumnya dan cara pembuatan Buttermilk sendiri juga ada disana yaitu tentang bagaimana resep dan cara membuat kue red velvet cake.
Resep Cara Membuat Red Velvet Cupcakes Lezat Bergizi

Kue Red Velvet Cupcakes

Bahan Red Velvet Cupcake :

    1 ¼ cup Tepung terigu protein sedang
    2 sdt Cocoa bubuk
    ½ sdt Baking powder
    ½ sdt Baking soda
    ¼ sdt garam
    ¼ cup Unsalted Butter, (Butter yang tanpa garam dan harus dalam suhu ruangan)
    ¾ cup Granulated sugar (gula pasir)
    ¾ cup Buttermilk
    1 butir telur
    1 sdt Vanilla
    Pewarna makanan merah
Bahan Frosting Red Velvet Cupcakes :
    2 cups Gula bubuk
    4 oz Cream Cheese, harus dalam suhu ruangan
    2 sdm Unsalted Butter, harus dalam suhu ruangan
    1 sdm Susu
    1 sdt Vanilla
 

Cara Membuat Red Velvet Cupcakes:

1. Panaskan oven pada suhu 200°C, siapkan muffin / cupkace pan yang sudah dilapisi kertas cupcake di atasnya.
2. Campur  tepung terigu, cocoa bubuk, baking powder, baking soda dan garam dalam satu mangkok lalu sisihkan.
3. Campur gula dan butter, kemudian tambahkan telur dan vanilla, setelah itu  mixer sampai benar benar tercampur rata.
4. Ubah kecepatan mixer menjadi kecepatan paling rendah, masukkan setengah campuran bahan kering (tepung yang sudah dicampur di mangkuk pada step no.2), dan masukkan juga setengah buttermilk. Pastikan semua bahan tercampur rata, Setelah itu baru masukkan setengah bahan sisanya. Apabila telah tercampur, aduk adonan dengan spatula dan sekali lagi pastikan adonan sudah tercampur rata. Kemudian tambahkan pewarna makanan merah tua sampai warnanya benar benar cantik dan menyerupai merah bludru.
5. Dengan menggunakan scope ice cream / sendok sayur, ambil 1 sendok adonan dan masukkan ke dalam cetakan muffin / pancake yang sudah dilapisi kertas cupcake, lalu masukkan ke dalam oven selama kurang lebih 18-22 menit. Cek dengan tusuk gigi di bagian tengahnya untuk memastikan cupcake sudah benar-benar matang. Angkat, diamkan beberapa menit agar tidak panas.
Cara Membuat Frosting dan Finishing  Red Velvet Cupcake  :
1. Kocok semua bahan frosting dengan mixer sampai creamy dan kental. Kemudian masukkan ke frosting plastic (yaitu plastik segitiga untuk menghias cake / kue).
2. Hias frosting di atas cupcake menurut selera anda, kemudian masukkan ke dalam kulkas sekitar 10-15 menit agar frostingnya mendapat tekstur yang pas.
 
sumber : http://www.tempatonlineku.net/2012/07/cara-membuat-red-velvet-cupcakes.html 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s