Mahasiswa Tolak Penggusuran Pedagang Stasiun (tugas isd)

Puluhan mahasiswa gabungan dari Universitas Indonesia (UI), Politehnik Negeri Jakarta (PNJ), Universitas Pancasila (UP), UIN Jakarta, dan STT Nurul Fikri melakukan unjuk rasa di depan Stasiun Pondok Cina, Depok, Kamis. Mereka menolak penggusuran pedagang di areal Stasiun Pondok Cina.

Koordinator aksi UI, Eko Yudi Prasetya, mengatakan telah membuat aliansi pedagang dari Bogor hingga Manggarai untuk menolak penggusuran. “Kita bikin aliansi pedagang dari Bogor sampai Manggarai. Kita tolak penggusuran, ayo berunding,” katanya, Kamis (3/1).

Menurutnya, penggusuran para pedagang tidak pernah melalui perundingan dan hanya menggunakan surat edaran. Bahkan, surat edaran dikatakannya diberikan secara mendadak. Sehingga membuat para pedagang panik karena tidak mempunyai tempat untuk berdagang.

Surat edaran yang diberikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) diterima oleh para pedagang di sekitar Stasiun Pondok Cina pada 28 Desember 2012. Dalam surat tersebut, mereka diharuskan mengosongkan kios pada 3 Januari 2013. “Bahkan, ada yang baru dapet suratnya semalam,” tambahnya.

Saran saya: Seharusnya pemerintah menyediakan lahan atau tempat untuk pedagang di stasiun. Tidak dengan rasa egoisnya dengan paksa atau kasar mengusir pedagang-pedagang di stasiun itu. Wajar saja sejumlah pedagang, masyarakat sekitar maupun mahasiswa seperti UI,PNJ,UP berontak dengan keadaan di gusurnya pedagang stasiun tersebut. Mereka sebenarnya ingin membela pedagang kaki lima itu tetpai caranya salah , yang sudah merugikan orang-orang pengguna jasa kereta api, sehingga kereta api tujuan Bogor-Jakarta maupun sebaliknya di blokir. Intinya, agar masalah ini dapat diselesaikan pemerintah harus menyediakan lahan buat para pedagang itu.

sumber:http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/13/01/03/mg15w8-mahasiswa-tolak-penggusuran-pedagang-stasiun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s